Featured

Kalimat Pembuka

Halo… semua!!!

Terimakasih dan selamat datang di blog saya !!!! UUYEEE…

Sebenarnya saya bingung mau milih pake aku atau saya atau gue atau ane. Soalnya saya setiap hari pake saya. Cuma, pas di pake di tulisan jadi kelihatan formal alias sopan gitu yah.. Tapi kalau pas diucapin langsung gak terasa formalnya. Soalnya saya dari daerah Sulawesi Tengah yang mayoritasnya bicara pakai ‘saya’ (mungkin (atau mungkin cuma di sekolah saya (tapi teman-teman saya di luar sekolah juga pakai ‘saya’ (kapan habisnya nih tanda kurung)))). Tapi ga papa sih.. suapaya saya terdengar sedikit sopan. leh uga..

Dan..dan..dan.. tujuan saya menulis di halaman ini adalah untuk… yah ssebenarnya tidak terlalu penting sih. Saya hanya menulis apa yang ingin saya tulis. Jadi, semua tulisan saya ini ASLI KARYA SAYA bukan hasil copas. Itupun kalau copas inshaa allah pasti saya cantumkan kalau itu milik orang dan bukan milik saya. Kalaupun saya cuma dapat tapi gak tau siapa pencipta aslinya, saya pasti tidak akan mengaku itu karya saya. Kalaupun juga ada tulisan saya yang mirip orang punya, saya minta maaf sebelumnya tapi tulisan saya itu benar punya saya dan saya tidak tau kalau mungkin ada kemiripan dengan orang punya. Tapi, saya usahakan tulisan saya ini berbeda dari orang punya.

Misalnya.. misalnya ni.. misalnya.. ada yang ambil tulisan saya. Walau sebenarna gak mungkin ada yang ambil soalnya tulisan saya masih berantakan, tapi sapa tau ada ya. Saya harap untuk senantiasa mencantumkan sumbernya ehe.. Begini gebini juga saya mau dihargai.

Untuk isi apa saja yang terkandung di blog ini, secara universal sih saya menulis apa yang saya ingin tulis. Walau terkadang bagi beberapa orang itu kurang bermanfaat, tapiii ini kan blog saya, hehe. Suka suka saya lah. Huahahaha.. Jenis-jenis tulisan yang akan ada di blog ini ada 3: akademik, karya tulis, sama favorit.
Di akademik saya akan memposting tentang materi pelajaran yang saya catat di buku tulis saya saat SMA dulu. Jadi sumbernya ya dari guru saya. Cuma mungkin guru saya mengambil referensi soal dari buku dan internet. Kan gak mungkin saya interogasi darimana semua soal soal yang bapak/ibu guru dapat.
Di bagian karya tulis saya akan memposting hasil karya saya, mungkin berupa puisi atau apapun itu. Akan tetapi, hasil karya saya masih banyak kekurangannya. Tapi saya akan memberanikan diri untuk menunjukkannya pada orang lain.
Di bagian favorit isinya adalah tentang artis yang saya fans :v. Begini begini juga saya ngefans sama artis.

Ockay… Terimakasih sudah berkunjung.

REVIEW UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) 2020

REVIEW ARTIKEL “UNS Masuk 5 Kampus Terbaik Versi Webometric”

I0519020 Arifiah Muflikhati Putri Penulis Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret.

Persaingan antaruniversitas di Indonesia makin berat saja. Kampus yang dulunya berada di peringkat sekian sebagai kampus terbaik, belum tentu terus berada di posisi tersebut di tahun berikutnya. Tentunya semua kampus berlomba-lomba menjadi yang terbaik dengan cara mereka masing-masing. Hal itu tentu merupakan hal yang  bagus karena selain membuat kampus menjadi bagus di Indonesia juga bisa menambah eksistensi kampus di kancah internasional yang secara tidak langsung juga membuat predikat kampus Indonesia di mata dunia meningkat.

Artikel ini akan membahas tentang salah satu Universitas di Surakarta, yakni Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai salah satu kampus yang terus aktif mengembangkan kualitasnya. Tujuannya agar masyarakat bisa lebih mengenal kampus nomor satu di kota Surakarta alias Solo ini.

Universitas Sebelas Maret (dengan alamat website uns.ac.id)atau ramah dikenal sebagai UNS, di tahun 2020 ini patut berbangga karena berhasil masuk 5 kampus terbaik versi Webometric. Dilansir melalui web UNS dengan judul UNS Masuk 5 Kampus Terbaik Versi Webometric, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta masuk menjadi 5 kampus terbaik versi webometrics periode Januari 2020. Peringkat ini merupakan ranking tertinggi dalam 4 tahun terakhir bagi UNS. Sebagai perbandingan, pada semester 2 tahun 2019 kemarin, peringkat webometrics Universitas Sebelas Maret menduduki peringkat ke-7 secara nasional.

Dalam pemeringkatan webometrics tahun 2020, peringkat pertama diraih oleh Universitas Indonesia (UI) yang terletak di Depok, Jawa Barat. Yang kedua Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta, ketiga Institut Teknologi Bandung (ITB) di Bandung, Jawa Barat, keempat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya, Jawa Timur, dan kelima Universitas Sebelas Maret (UNS) di Surakarta, Jawa Tengah.

Prof. Jamal Wiwoho yang saat ini menduduki jabatan rektor Universitas Sebelas Maret mengatakan, pemeringkatan webometrics dilakukan dua kali dalam setahun. “Diakhir bulan Januari 2020 ini kita memperoleh peringkat ke-5 secara nasional. Sedangkan secara dunia, UNS di posisi 1.333. Posisi ini merupakan ranking tertinggi dalam 4 tahun terakhir bagi UNS, ”.

“Ini merupakan buah kerja keras bersama oleh seluruh sivitas akademika UNS, kemudian dengan stakeholder baik internal maupun eksternal, warga kampus, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS bersama seluruh alumni yang pernah mengenyam bangku kuliah di UNS supaya kampus tercinta ini menjadi semakin maju dan mendunia,” ujar Prof Jamal kepada uns.ac.id.

Rektor Universitas Sebelas Maret dan seluruh civitas akademika Universitas Sebelas Maret merasa bangga akan prestasi yang meningkat yang berhasil di raih di tahun ini. Universitas Sebelas Maret dapat membuktikan bahwa kampus ini dapat bersain di level nasional bahkan internasional lewat teknologi dan variabel pendukung lainnya. Namun, pencapaian tersebut tidak membuat merasa puas, tetapi terus mendorong berbagai elemen di kampus Universitas Sebelas Maret agar semakin meningkatkan kualitas kampusnya menjadi semakin lebih baik lagi.

Lewat keberhasilan dan kualitas yang dimiliki oleh Universitas Sebelas Maret, kita tak perlu ragu-ragu untuk melanjutkan pendidikan tinggi di kampus yang beralamatkan di Jl. Ir. Sutami Jebres, Surakarta ini. Selain karena kualitas pendidikannya, suasana kota Surakarta yang asri nan nyaman serta dihuni oleh masyarakat yang ramah-ramah ini patut menjadi alasan yang tak terbantahkan. Lingkungan yang masih kental akan budaya Jawa akan membuat kita tertarik dan jatuh cinta pada salah satu suku di Indonesia ini.

UNS Masuk 5 Kampus Terbaik Versi Webometric, UNS Masuk 5 Kampus Terbaik Versi Webometric, UNS Masuk 5 Kampus Terbaik Versi Webometric, UNS Masuk 5 Kampus Terbaik Versi Webometric, UNS Masuk 5 Kampus Terbaik Versi Webometric